Sunday 13 December 2015

Tips'nTrik HEBAT (Hemat Efisien Baik Asyik Terbukti) merawat Aki

...........Salam buat teman-teman semua..
Seringkali kita menerima keluhan dari pengguna motor entah itu klakson tidak nyaring, lampu sein (reting) gak bisa berkedip,berkedip pun nya gak stabil, dobel starter susah, bahkan sampai gak bisa nyala itu motor, setelah mengganti aki baru, padahal umur pakai aki baru 2 bulan..
Aki (Accu)
...........Nah kali kita sekedar nge-Share aja sama teman-teman tentang Aki (bahasa Inggrisnya Accu Battery)....:)
Pada dasarnya semua yang namanya Aki itu sama..entah itu Aki kualitas orisinil sampai kuantitas imitasi atau itu Aki merek A sampai merek Z....yang membedakan hanyalah ukuran voltase serta ukuran ampere'nya aja..
dan pada dasarnya pula sebuah Aki itu membutuhkan perawatan...........sama halnya kita.... :)
Percuma aja to baru mengganti aki, selang 2-5 bulan udah nge-drop bahkan soak itu Aki....terus menyalahkan Akinya..... :D
"kok mati yo? padahal wingi lho gak lapo-lapo, ancen gateli akine iki"
:D :p

Sekarang kita mau bagiin Tips'nTrik Ala Kadarnya aja, yaaa ngocek2 dikitlah... :)


Yang pertama.......untuk motor yang masih baru atau pun motor yang pernah baru :) jika waktu pagi/keadaan mesin masih dingin, lebih baik waktu menstarternya itu pakai kick starter (starter kaki), karena biasanya saat mesin masih dingin, mesin susah hidup/belum bisa stabil, memakai dobel starter membuat kerja Aki menjadi ngotot.....ini referensi untuk motor yang memakai kick starter......

Yang kedua........usahakan sebisa mungkin jangan memberi aksesoris elektronik tambahan pada motor yang bisa membuat Aki menjadi cepat tekor, contohnya : mengganti klakson dengan klakson variasi yang lebih besar, memberi lampu2 atau LED hias..

Yang ketiga.......sesering mungkin cek keadaan aki, mungkin jika itu Aki basah cek airnya, bersihkan kutub-kutub aki, sebisa mungkin karet penutup kutub (+) biasanya warna merah jangan sampai rusak karena karet itu untuk melindungi kutub (+) agar tidak terjadi hubungan dengan arus (-) yang mengalir dibodi motor..

Yang keempat.......cas (charging) Aki bila mungkin sudah lama dalam pemakaian, baik itu Aki basah ataupun Aki kering..

Yang kelima......khusus untuk Aki basah, bila Aki bisa dikatakan sudah lama umurnya, arus sudah mulai gak stabil....kotoran/kerak yang yang mengendap dibawah segera bersihkan....banyak jalan menuju roma, banyak pula cara untuk membersihkannya serta membuatnya semangat lagi saat distarter.... ;)
entah bersihinnya pakai air panas, pakai detergen, dll (seperti nyuci pakaian aja pakai detergen..hehehe :) )

Ya sudah, sampe sini dulu share sebagian pengetahuan kita, mungkin bila ada salah satu kata-kata yang gak tepat atau mungkin salah semuanya, kita nuwun agunge pangapunten......hehehehehe :)
Kenceng boleh kenceng, silahkan gas pol, tapi tetep taati aturan lalu lintas ya broth.....
Salam gas pol dulur.......................

" the last laugh is the happiest laugh"